Kejari Jember Tangani 21 Kasus Korupsi

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember, Jawa Timur, menangani sebanyak 21 kasus tindak pidana korupsi selama tahun 2011.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jember, Kliwon Sugiyanta, Selasa (13/12) mengatakan 21 kasus korupsi tersebut antara lain dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, dugaan korupsi pelepasan aset eks tanah Brigif Jember.

Kemudian dugaan korupsi pemotongan anggaran di Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Jember, kasus korupsi sewa pesawat terbang, kasus korupsi dana bantuan sosial, korupsi kredit usaha tani (KUT) dan korupsi Program Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM).

“Dari 21 kasus korupsi yang ditangani Kejari Jember, sebanyak 16 kasus di antaranya sudah masuk dalam tahap penuntutan, sedangkan sisanya masih perlu pendalaman lagi,” tuturnya.

Menurut dia, lima kasus masih perlu bukti-bukti yang kuat seperti kasus dugaan korupsi sewa pesawat terbang di lapangan Notohadinegoro Jember, sehingga masih dalam tahap penyelidikan dan belum dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Surabaya.

Kliwon menuturkan, kasus korupsi yang ditangani Kejari Jember setiap tahun semakin bertambah, namun fenomena tersebut sebenarnya bukan hal yang bagus.

“Kalau pejabat memiliki semangat antikorupsi, seharusnya ada perbaikan dan jumlah kasus korupsi yang ditangani aparat penegak hukum semakin sedikit,” katanya menjelaskan.

Tahun 2010, lanjut dia, Kejari Jember menangani kasus korupsi terbanyak dibandingkan kejari lainnya di Jawa Timur, dengan total kasus korupsi sebanyak 44 perkara.

(Sumber: Tim Redaksi Website Kejaksaan RI/Kejari Jember)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s