Kejari Sintang Bidik Stadion Melawi

Proyek pembangunan lapangan sepak bola (stadion) di Kabupaten Melawi terindikasi korupsi. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sintang mulai membidik proyek yang terindikasi korupsi hingga menelan dana Rp8,5 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sintang, Mochamad Djumali menyatakan, usai berlangsungnya gelar perkara kasus itu, maka diambil keputusan akan meningkatkan penyelidikan ke tahap penyidikan.

“Dari hasil gelar perkara, peserta ekspose kasus menyetujui untuk ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan,” Kata Djumali saat dihubungi kepada Tim Redaksi Website, Jumat (12/8).

Djumali menambahkan, dalam waktu dekat ini Surat Perintah Penyidikan perkara proyek stadion Melawi akan diterbitkan. Didasari hasil gelar perkara yang dilakukan Kejari Sintang di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat.

“Kita akan terbitkan Sprindik (Surat Perintah Penyidikan), secepatnya. Hasil gelar perkara, disepakati kasus ini bisa ditingkatkan ke penyidikan,” ungkap Djumali.

Proyek pembangunan lapangan sepak bola Kabupaten Melawi dibiayai dari dana APBD Kabupaten Melawi tahun anggaran 2007, 2008, dan 2009. Besarnya biaya yang digelontorkan masing-masing Rp 1,9 miliar untuk APBD tahun 2007, Rp 4,9 miliar untuk APBD tahun 2008, dan Rp 1,7 miliar untuk APBD tahun 2009. Total semua anggaran mencapai Rp 8,5 miliar.

Proyek stadion itu berada pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Melawi. Proyek dikerjakan PT Narasumber Cahyadi Sejati pada 2007. Pada dua tahun anggaran berikutnya, dikerjakan perusahaan joint PT Narasumber Cahyadi Sejati, masing-masing PT Meta Prisma Nusa Perdana, dan PT Pijar Nusantara Sakti.

Menurut Djumali, Kejaksaan Negeri Sintang sudah menangani perkara ini sejak 2010 lalu. “Sprinlid (Surat Perintah Penyelidikan) terbit tanggal 6 Oktober 2010,” ujarnya.

Hingga saat ini Kejari Sintang sudah memeriksa sekitar 12 saksi. “Ada dari unsur pemilik proyek (PU), dan dari unsur rekanan,” jelas Djumali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s