Korupsi Pengadaan Baju Hansip Divonis Satu Tahun

Cornelius Kimha di vonis pidana satu tahun penjara dalam perkara dugaan korupsi pengadaan baju Hansip. Majelis Hakim dalam amar putusannya juga membebankan terdakwa denda Rp50 juta subsidair dua bulan kurungan selain dibebankan biaya perkara sebesar Rp5000, di Pengadilan Negeri Pontianak.

Putusan tersebut lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Pidana Umum (JPU) yang menuntutnya dengan pidana penjara 7,6 tahun sekaligus diwajibkan mengganti kerugian negara Rp1,934 miliar.

Sementara pada putusan majelis hakim, Kimha tidak dibebankan untuk mengganti kerugian negara dan menyatakan banding atas amar putusan yang dibacakan ketua majelis Hakim Yunus Sessa itu dengan dua hakim anggota, I Made Astawa dan Imam Supriyadi serta panitera pengganti Irma Siregar.

Majelis hakim berpendapat terdakwa terbukti menyalahgunakan kewenangan sebagai pengguna anggaran pada proyek pengadaan baju Hansip, yakni membiarkan kelalaian bawahan yang tidak membuat harga perkiraan sendiri.

Namun dirinya tetap membuat keputusan untuk menetapkan pemenangan lelang, sehingga kelalaian tersebut menimbulkan kerugian negara dan menjadi tindakan yang berupaya melawan hukum.

Kendati demikian, majelis hakim juga menyatakan sesuai fakta persidangan tidak terbukti jika terdakwa melakukan perbuatan untuk memperkaya diri sendiri. Selain itu, keterangan saksi tentang selisih harga ikut diabaikan majelis hakim karena keterangan tersebut mesti berasal dari ahli yang dapat menentukan dan memberikan penilaian dan kriteria saksi mesti jelas.

Menanggapi hal tersebut JPU menyatakan fakir-fikir. Sementara terdakwa menyatakan akan menempuh banding. (sm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s