Kasus Dugaan Korupsi Proyek Rumah Dinas Guru

Setelah dilakukan penyidikan selama sebulan, penyidik Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb telah selesai memeriksa 15 saksi atas kasus dugaan korupsi proyek pembangunan rumah dinas guru di Kampung Punan Segah, Kecamatan Segah tahun anggaran 2010 yang diadakan Dinas Pendidikan Berau.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjung Redeb Teddy Rorie, Jumat (15/7) menjelaskan, 15 saksi yang telah diperiksa tersebut dari pihak kontraktor pelaksana proyek, konsultan pengawas, Kepala Kampung Punan Segah, dan pihak Dinas Pendidikan Berau yakni, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pengawas Lapangan.

Dikatakan Teddy, seluruh saksi yang telah diperiksa sampai kini belum satupun ditetapkan sebagai tersangka, sebab penyidik mempelajari hasil pemeriksaannya.

Penetapan tersangka akan ditetapkan minggu depan satu orang, sedangkan penetapan tersangka berikutnya dilakukan secara bertahap.

“Minggu depan ditetapkan satu tersangka dulu, penetapan tersangka berikutnya menyusul secara bertahap,” ungkap Teddy.

Ia mengatakan, yang akan ditetapkan sebagai tersangka pertama adalah pihak-pihak yang dianggap sebagai otak utama atau biang permasalahan yang terkesan memaksakan kehendak sehingga dana proyek tersebut dicairkan. Padahal ketika itu, sesuai dengan berita acara kemajuan fisik pekerjaan tertanggal 11 Desember 2010, volume pekerjaan baru mencapai 65 persen, namun dana proyek telah dicairkan kepada kontraktor sebesar 100 persen.

Kerugian Negara yang ditimbulkan atas proyek tersebut, sebesar Rp 113 juta, dari nilai proyek sebesar Rp 315 juta yang dianggarkan melalui APBD Berau 2010 lalu.

Proyek pembangunan rumah dinas dibuat dua pintu, sebagai rumah tempat tinggal para tenaga pendidik yang berada di pelosok Kampung Punan Segah. (sm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s