Kejaksaan Tangkap Ketua DPRD Tebing Tinggi

JAKARTA–MICOM: Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Muhammad Syafiri Chap, yang telah menjadi terpidana korupsi asuransi kesehatan. Penangkapan dilakukan oleh tim intelijen Kejagung yang bekerja sama dengan tim jaksa Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Noor Rachmad ketika dihubungi di Jakarta, Minggu (10/7).

Ia menegaskan bahwa penangkapan itu dilakukan di wilayah Jakarta pada Sabtu (9/7) malam. “Betul, ada penangkapan terhadap Muhammad Syafiri Chap kemarin malam. Sekarang yang bersangkutan dititipkan di Rutan Salemba Cabang Kejagung, dan Minggu (10/7) pagi diterbangkan ke Tebing Tinggi,” ucap Noor ketika dikonfirmasi.

Lebih lanjut, Noor mengatakan bahwa penangkapan tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 1213K/Pid.Sus/2009 tanggal 18 Agustus 2010 bahwa yang bersangkutan terbukti melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 UU 31 tahun 1999 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Yang bersangkutan telah dijatuhi hukuman satu tahun penjara dan denda Rp50 juta atau subsider empat bulan kurungan,” sambung Noor.

Sebagai informasi, kasus tersebut bermula pada APBD tahun anggaran 2004 dianggarkan premi asuransi kesehatan untuk 25 anggota DPRD setempat sebesar Rp500 juta.

Kemudian agar uang premi askes tersebut bisa diambil atau dikuasai, maka sebagian premi tersebut sebesar Rp454,4 juta, dialihkan jadi premi asuransi jiwa. Sedangkan sisanya Rp44,1 juta, tetap digunakan sebagai asuransi kesehatan. (OL-8)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s