Kajati Sulsel Perintahkan Kajari Polman Eksekusi Bupati Mamasa

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Fietra Sany mengeluarkan peringatan yang ditujukan kepada Kajari Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat, Saring untuk secepatnya menahan Bupati Mamasa Obed Nego Deppaarinding.

Bupati Polman menjadi terpidana dalam kasus korupsi penyalahgunaan APBD Mamasa 2004-2009 lalu yang menimbulkan kerugian negara senilai Rp 1,2 miliar.

Hal tersebut dilakukan lantaran pihak Kejati Sulsel telah menerima surat salinan putusan Obed dari Mahkamah Agung beberapa waktu lalu yang didalamnya bertuliskan agar Bupati Mamasa dan 23 anggota DPRD Mamasa yang turut terlibat di dalamnya segera dieksekusi.

“Kami sudah mengirimkan surat perintah kepada Pak Kajari Polman untuk segera menahan Obed cs yang sudah mendapat keputusan hukuman tetap dari MA Maret lalu,” kata mantan Dir II Intel Kejagung RI ini, Senin (27/6/2011).

Fietra mengaku, beberapa waktu lalu menerima memori salinan putusan dari Kejari Polman yang dikelurkan MA bernomor 2240K/Pid.sus/2011 Maret lalu.

Diketahui hukuman vonis pidana penjara yang dijatuhi kepada Obed serta 23 anggota legislator Mamasa tersebut selama 20 bulan atau satu tahun delepan bulan.

Selain hukuman badan, mereka juga diharuskan membayar denda sebesar Rp 50 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar akan diganti dengan pidana kurungan selama 2 dua bulan kurangan.

Mereka divonis hukuman badan serta denda Rp 50 juta lantaran terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana korupsi di sekretariat DPRD Mamasa yang telah merugikan negara sebesar Rp 1,2 miliar 2004-2009 silam.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Kejari Polman belum bersedia memberikan keterangan apapun soal perintah Kajati Sulsel untuk segera mengeksekusi Obed cs.

Editor: Anwar Sadat Guna | Sumber: Tribun Timur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s