Kejati Jateng Tahan Mantan Bupati Sragen

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menahan mantan Bupati Sragen Untung Wiyono yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi penyalahgunaan keuangan kas daerah terkait APBD 2003-2010 sebesar Rp 40 miliar.

“Tersangka kami tahan sejak hari Selasa (12/7) kemarin,” ujar Kepala Kejati Jateng Widyopramono, di Semarang, Senin (13/7).

Kajati menambahkan, tersangka Untung Wiyono dutahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kedung Pane, Semarang, Jawa Tengah. “Tersangka ditahan karena dikhawatirkan akan melarikan diri dan mempengaruhi saksi lainnya,” tuturnya.

Atas perbuatannya, Untung Wiyono diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 UU No. 31 Tahun 1999 dan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No. 31 Tahun 1999 sebagai mana diubah dan ditambahkan dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentan pemberantasan Tipikor.

Kasus korupsi ini bermula ketika tersangka Untung Wiyono membutuhkan dana untuk kepentingan di luar kedinasan, dan akhirnya bersama dengan dua tersangka lain memindahkan dana dari kas daerah Kabupaten Sragen ke bentuk deposito di perusahaan daerah BPR Djoko Tingkir dan BPR Karangmalang.

Pemindahan dana secara bertahap di BPR Djoko Tingkir sebanyak 38 kali dengan jumlah keseluruhan Rp 29 miliar yang terbagi dalam 38 lembar sertifikat deposito serta telah digunakan sebagai jaminan pengajuan kredit atas nama pemerintah daerah setempa

Dalam melakukan penyelidikan, tim jaksa penyidik Kejati yang diketuai Nurmulat juga menemukan 108 surat perjanjian kredit dengan total pinjaman sebesar Rp 36 miliar. (sm)

(Sumber : Tim Redaksi Website Kejaksaan RI/Kejati Jateng)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s