Kejari Purwakarta Tahan Konsultan Rekanan PT Pertamina

Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta menahan tersangka oknum konsultan rekanan PT Pertamina, WN yang diduga bersama-sama dengan oknum kepala desa menggelembungkan gas 3 kg.

Kasipidsus Kejari Purwakarta Ismail Otto, S.H, Senin (20/6), membenarkan penahan terhadap oknum konsultan PT Nandita Graha Tata tersebut. Menurut dia, sesuai dengan Undang-undang penahanan terhadap tersangka dilakukan agar proses penanganan kasus dugaan korupsi dana bantuan dari pemerintah ini cepat dilimpahkan ke pengadilan.

Dijelaskan, tersangka ditahan oleh kejaksaaan berdasarkan surat perintah nomor PRINT-309/0.2.15/Fd.1/06/2011 tanggal 14 Juni 2011. “Karena tersangka berdomisili di luar daerah dansesuai dengan aturan maka kami melakukan penahanan,” katanya.

Terungkapnya kasus yang menimpa oknum Kepala Desa Plered, AS dan konsultan Pertamina, WN berawal dari laporan masyarakat di Desa Sempur, Kecamatan Plered. Dalam laporannya itu masyarakat menyampaikan informasi bahwa oknum konsultan bersama dengan kepala desa menjual tabung gas 3 kg sebanyak 415 buah.

Menurutnya, setelah dilakukan penyelidikan ternyata kedua oknum itu telah melakukan mark up jumlah warga yang akan mendapatkan bantuan tabung gas 3 kg dari pemerintah dalam program konversi minyak tanah ke tabung gas pada tahun 2008.

Dikatakannya, jumlah pengajuan tabung gas untuk Desa Sempur saat itu sebanyak 2000 lebih, akan tetapi jumlah gas yang dibagikan kepada masyarakat hanya sebanyak 1.600 buah. “Ternyata kelebihan tabung gas sebanyak 415 buah itu oleh kedua tersangka bukannya dikembalikan ke pemerintah tapi dijual kepada pihak ketiga yang sekarang sudah meninggal dunia,” kata Otto.

Tersangka bersama oknum kepala desa terlibat dalam dugaan kasus penyimpangan pendistribusian tabung gas LPG 3 kg dan kompor pada program konversi di Desa Sempur Kecamatan Plered tahun 2008 lalu. Akibat perbuatan kedua tersangka, keuangan negara dirugikan sebesar lebih dari Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s