Tersangka Bansos Kukar Bertambah

Kasus bantuan sosial (bansos) Kukar 2010 senilai Rp 108 miliar, kembali menyeret 5 orang sebagai tersangka. Kelima tersangka itu adalah para pihak yang diduga kuat menggunakan nama orang lain untuk mendapatkan keuntungan dari bansos.

Kajati Kaltim, Faried Harianto didampingi Ketua Tim Penyidik Kasus Bansos Kukar, M Zaenal Arif, Kamis (9/6) mengatakan, para tersangka tersebut displit dalam 4 berkas. “Tersangkanya 5 orang, tapi berkasnya hanya 4. Ada dua orang satu berkas,” kata Faried.

Dengan demikian, hingga kini penyidik Kejati Kaltim telah menetapkan 19 orang sebagai tersangka dalam kasus ini. Sebelumnya, sebanyak 14 orang ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Kajati, para tersangka itu terdiri dari oknum pegawai Pemkab Kukar, anggota DPRD Kukar, dan pengurus lembaga atau organisasi kemasyarakatan (ormas).

Kemudian, yang baru ditetapkan tersangka itu, di antaranya terdapat seorang kepala desa. Ia disangka berperan jadi koordinator bansos. “Total tersangka yang sudah ditetapkan sebanyak 19 orang, terdiri dari 18 berkas,” jelasnya.

Soal penahanan, Kajati menyatakan, pihaknya akan melihat perkembangan ke depan. Bila tersangka tidak kooperatif atau dikhawatirkan menghambat proses penyidikan, tentu akan disikapi lebih tegas. Artinya, kalau tidak kooperatif, penyidik akan melakukan penjemputan paksa. Sebaliknya, jika yang bersangkutan koopertif, tentu akan dipertimbangkan perlakuan terhadapnya.

“Bergantung orangnya saja, kalau tidak kooperatif akan kami jemput paksa. Kami justru berharap dari mereka, bisa membantu mengungkap seluruh bansos bermasalah di Kukar,” tandasnya. (@sm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s