Kejati Jambi Terima Data Dugaan Korupsi PDAM

Jambi – Kejaksaan Tinggi Jambi menerima berkas tambahan data dari LSM Sembilan terkait dugaan korupsi di PDAM Tirta Mayang Kota Jambi.

Koordinator Masyarakat Kota Jambi tergabung dalam LSM Sembilan, Jamhuri, di Jambi, Selasa (10/5), mengatakan, kedatangannya ke gedung Kejaksaan Tinggi Jambi untuk memberikan data lengkap terkait kasus dugaan korupsi di PDAM Tirta Mayang Jambi Kota Jambi.

Data tambahan yang diberikan LSM Sembilan kepada Kejati Jambi itu antara lain foto copy bukti tanda pembayaran rekening PDAM Tirta Mayang Jambi melalui PT Pos Jambi dari pelanggan, foto copy tanda bukti pembayaran Dana Pensiun Bersama Pegawai PDAM.

Kemudian tanda bukti pembayaran hutang dari Departemen Keuangan selama 1997 hingga 2007 senilai Rp29 miliar yang tidak pernah dianggsur serupiah pun oleh PDAM Tirta Mayang Jambi.

Serta data dana bantuan dari Bank Dunia terhadap PDAM Tirta Mayang Jambi senilai Rp45 miliar pada 1996 yang tidak diketahui penggunaannya serta bukti lainnya.

“Kami datang ke Kejati ini selain memberikan data lengkap terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi maupun kejahatan ekonomi lainnya di PDAM tersebut, juga sekaligus mempertanyakan keseriusan penyidik Kejati dalam mengungkap kasus ini,” kata Jamhuri lagi.

Sebelumnya, pihak LSM Sembilan telah melakukan aksi unjuk rasa ke Kejati untuk mendesak pengusutan dugaan tindak pidana korupsi dan kejahatan ekonomi di PDAM Tirta Mayang.

Adapun dugaan tindak kejahatan yang terjadi pada PDAM Tirta Mayang Kota Jambi diantaranya pungutan retribusi kebersihan dan leges dan adanya dugaan penggelapan atas Pendapatan Asli Daerah dan Keuangan PDAM.

Selain itu adanya temuan Komisi A dan B DPRD Kota Jambi tentang Pemilihan Direksi dan Badan Pengawas PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang cacat hukum dan tentang kenaikan tarif yang tidak diikuti dengan mutu pelayanan sebagaimana amanah dalam Peraturan daerah Nomor 16 tahun 2005, tentang pengembangan sistem penyediaan air minum.(ant/yan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s