Kejaksaan Kasasi Atas Vonis Bebas Agusrin

Kejaksaan Agung menyatakan akan mengajukan kasasi atas vonis bebas Gubernur Bengkulu non-aktif, Agusrin M Najamuddin, terkait dugaan tindak pidana korupsi kas daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu sebesar Rp 20,16 miliar.

“Senin (6/6), kita akan mendaftarkan kasasinya,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Noor Rachmad di Jakarta, Rabu (1/6).

Disebutkan, pihaknya memiliki tiga dasar untuk mengajukan kasasi, yakni, ada penetapan hakim yang tidak sebagaimana mestinya.

Kemudian, penuntut umum mempertanyakan apakah ada penyalahgunaan kewenangan oleh hakim. “Serta apakah cara mengadilinya tidak sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutus bebas Gubernur Bengkulu non-aktif, Agusrin M Najamuddin atas tuduhan melakukan tindak pidana korupsi kas daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu sebesar Rp 20,16 miliar. “Membebaskan Agusrin Najumuddin dari dakwaan primair maupun dakwaan sekunder,” kata Ketua Majelis Hakim Syarifuddin, saat membacakan putusan di Jakarta, Selasa.

Majelis juga memulihkan hak dan martabatnya setelah pembacaan putusan ini. “Biaya perkara dibebankan kepada negara,” kata Syarifuddin.

Dalam kasus ini, Agusrin didakwa oleh jaksa penuntut secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi seperti diatur dalam pasal 2 ayat 1 juncto pasal 18 Undang-Undang (UU) Pemberantasan Korupsi, juncto pasal 55 ayat 1 ke satu KUHP (dakwaan primer).

Selain itu juga didakwa subsidair, yakni pasal 3 junto pasal 18 UU nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. [EL, Ant] URL: http://www.gatra.com/2011-06-02/versi_cetak.php?id=148694

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s