Berkas Dua Tersangka Korupsi di Dispar SBB Dilimpahkan ke PN Masohi

Pengadilan Negeri (PN) Masohi, Kamis (26/5) telah menerima pelimpahan berkas dua tersangka dalam kasus korupsi proyek pengembangan pariwisata di Pulau Marsegu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Tahun 2007-2008 senilai 1,5 milyar rupiah dari tim penyidik Kejati Maluku.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Maluku, M. Natsir Hamzah kepada tim redaksi website Kejaksaan R.I., Jum’at (27/5) mengatakan berkas kedua tersangka yang telah dilimpahkan tersebut masing-masing Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten SBB, Sabtu Namadullah dan kontraktor, Hazan Tutupoho.

Dijelaskannya, pelimpahan tersebut dilakukan pukul 11.00 WIT oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Milian Marantika, Victor Mailoa, Ajit Latuconsina dan Rozali Afifudin. Kasus ini disidangkan di PN Masohi, karena wilayah hukumnya berada di PN Masohi.

Untuk diketahui, dalam penyelidikan dan penyidikan kejaksaan terungkap bahwa, paket proyek yang ditangani oleh Tutupoho di Pulau Marsegu tahun 2007-2008 senilai Rp 1,5 milyar hanya 70 persen rampung, namun dana telah dicairkan 100 persen.

Dalam kasus ini penyidik tidak lagi meminta bantuan penghitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Maluku, karena penyidik sudah melakukan penghitungan sendiri. Berdasarkan penghitungan penyidik, negara mengalami kerugian mencapai Rp 560 juta. (@rd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s